Cara Cek BLT Dana Desa Online + Cair Bantuan 900rb

Home » Teknologi » Cara Cek BLT Dana Desa Online + Cair Bantuan 900rb

Di tahun 2020, pemerintah Indonesia memang menambah jumlah bantuan kepada masyarakat. Salah satu bantuannya adalah BLT Dana Desa. Hanya saja, masih banyak yang belum mengetahui cara cek BLT dana desa online + cair bantuan 900rb.

Karena tidak mengetahui bagaimana cara cek BLT dana desa online + cair bantuan 900rb, maka tidak heran jika sampai saat ini masih banyak orang yang belum bisa menerima bantuan tersebut.

Bagi anda yang juga belum mengetahui bagaimana cara cek BLT dana desa online + cair bantuan 900rb dan cara daftar untuk mendapatkan bantuan tersebut, anda bisa pelajari caranya di dalam artikel ini.

Cara Cek BLT Dana Desa Online + Cair Bantuan 900rb

Apa Itu BLT Dana Desa?

Mulai awal tahun 2020, pemerintah Indonesia memang menambah jumlah bantuan. BLT Dana Desa merupakan salah satu tambahan bantuan yang pemerintah berikan.

Lalu apa maksud dari BLT Dana Desa tersebut? BLT Dana Desa merupakan jenis bantuan yang menyasar masyarakat yang hidup di pedesaan. Dengan adanya bantuan ini, pemerintah berharap penduduk di pedesaan juga bisa bertahan selama pandemi COVID 19.

Siapa Saja Target dari BLT Dana Desa?

Lalu siapa sajakah yang menjadi target dari BLT Dana Desa ini? Semenjak awal tahun 2020, pemerintah Indonesia memang hanya menyasar beberapa golongan masyarakat pedesaan saja untuk menjadi penerima BLT Dana Desa tersebut.

Berikut ini adalah beberapa golongan masyarakat pedesaan yang menjadi target sasaran BLT Dana Desa:

  • Petani
  • Nelayan
  • Buruh
  • Guru
  • Pelaku UMKM di pedesaan
  • Dan pedagang

Namun demikian, target sasaran BLT Dana Desa ini sangat fleksibel. Jadi jika memang dananya masih tersisa cukup banyak, maka pemerintah desa akan memperluas target sasaran yang menerima bantuan ini.

Berapa Nominal BLT Dana Desa?

Setelah mengetahui siapa target dari BLT Dana Desa tersebut, lalu berapakah nominalnya? Menurut informasinya, Jumlah BLT Dana Desa yang akan pemerintah berikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID 19 ini adalah sebesar Rp 300.000.

Namun demikian BLT Dana Desa ini tidak akan pemerintah bagikan setiap bulan. BLT Dana Desa ini akan pemerintah berikan sebanyak 3 bulan sekali. Itu artinya, setiap kali anda mendapatkan BLT Dana Desa ini nominalnya adalah sebesar Rp 900.000 untuk 3 bulan kedepan.

Darimana BLT Dana Desa Didapatkan?

Karena merupakan program bantuan dari daerah, lalu darimanakah dana yang pemerintah gunakan untuk memberikan BLT Dana Desa tersebut?

Menurut anjuran dari pemerintah pusat, BLT Dana Desa akan menggunakan dana dari anggaran desa.

Besaran dana yang pemerintah gunakan untuk memberikan BLT Dana Desa ini terdiri dari beberapa macam aturan.

Jika anggaran dana desa kurang dari Rp 800.000.000, maka hanya 25% saja yang bisa pemerintah desa gunakan sebagai BLT Dana Desa.

Namun jika dana desa ada sekitar Rp 800.000.000 hingga Rp 1.200.000.000, maka 30% bisa menjadi BLT Dana Desa. Sedangkan jika dana desa lebih dari Rp 1.200.000.000, maka 35% bisa menjadi BLT Dana Desa.

Jadi secara mudahnya, makin tinggi anggaran yang desa miliki, maka makin besar juga anggaran BLT Dana Desanya.

Manfaat yang Bisa Didapatkan dari BLT Dana Desa

Lalu apa sajakah manfaat yang bisa masyarakat dapatkan dari BLT Dana Desa tersebut? Cukup banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari BLT Dana Desa ini. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

  • Memastikan masyarakat pedesaan bisa bertahan selama pandemi COVID 19

Manfaat pertama dari BLT Dana Desa online ini bagi masyarakat pedesaan adalah bisa bertahan selama pandemi COVID 19.

Hal tersebut karena perekonomian Indonesia benar-benar mengalami kontraksi selama pandemi COVID 19, khususnya pada tahun 2020 hingga tahun 2021.

  • Untuk tambahan modal usaha

Bagi pelaku UMKM yang berada di pedesaan, BLT Dana Desa ini juga sekaligus bisa menjadi tambahan modal usaha.

Dengan mendapatkan BLT Dana Desa, pelaku UMKM bisa meningkatkan usaha yang selama ini mereka tekuni.

  • Untuk mencukupi kebutuhan hidup

Khusus bagi masyarakat pedesaan yang mengalami PHK, maka BLT Dana Desa ini bisa mereka gunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup sampai mendapatkan pekerjaan kembali.

  • Untuk meningkatkan kembali daya beli masyarakat di desa

Manfaat lain BLT Dana Desa ini adalah untuk meningkatkan kembali daya beli masyarakat desa yang mengalami penurunan drastis selama pandemi.

Dengan mendapatkan BLT Dana Desa, pemerintah berharap daya beli masyarakat di desa bisa kembali seperti semula dan membuat roda perekonomian bisa berputar kembali.

Siapa Saja yang Berhak Daftar BLT Dana Desa?

Selain dipilih langsung oleh petugas, anda juga sebenarnya bisa daftar untuk mendapatkan BLT Dana Desa tersebut. Namun demikian, memang tidak semua orang berhak menjadi penerima BLT Dana Desa.

Lalu siapa sajakah yang berhak menjadi penerima BLT Dana Desa selain yang memang menjadi target sasaran bantuan tersebut?

Berikut ini adalah beberapa orang yang berhak menerima BLT Dana Desa jika anggarannya tersisa cukup banyak:

  • Mereka yang masuk dalam kategori keluarga miskin ataupun pra sejahtera.
  • Keluarga yang kehilangan pendapatan akibat pandemi COVID 19.
  • Mereka yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat seperti BPNT, BST, PKH, dan juga Kartu Pra Kerja.
  • Menderita penyakit yang cukup kronis.

Cara Daftar Menjadi Penerima BLT Dana Desa

Sebelum mempelajari bagaimana cara cek BLT dana desa online + cair bantuan 900rb, pertama-tama anda harus paham terlebih dahulu mengenai bagaimana caranya mendaftar menjadi penerima BLT Dana Desa tersebut.

Bagi anda yang merasa membutuhkan bantuan dan belum mendapatkan BLT Dana Desa, maka anda bisa mendaftar secara mandiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Melakukan pendaftaran diri ke para relawan

Bagi anda yang ingin bisa mendapatkan BLT Dana Desa, maka hal pertama yang perlu anda lakukan adalah melakukan pendaftaran langsung ke para relawan.

Biasanya, anda bisa langsung mendaftar untuk menjadi salah satu penerima BLT Dana Desa ini melalui ketua RT maupun ketua RW.

Setelah itu, nantinya permohonan untuk menjadi penerima BLT Dana Desa tersebut akan masuk ke musyawarah desa.

2. Melakukan verifikasi data

Setelah berhasil mendaftarkan diri melalui relawan, maka data-data yang anda isikan tersebut akan melewati proses verifikasi.

Pada fase ini, petugas akan melakukan verifikasi data-data anda langsung dengan data yang ada di pusat. Jika data yang anda input memang sesuai, maka permohonan anda akan berlanjut ke tahap selanjutnya.

3. Kepala desa mengesahkan permohonan BLT Dana Desa

Bila semua data yang anda masukkan memang sudah terverifikasi, maka langkah selanjutnya adalah mendapatkan pengesahan dari kepala desa setempat.

Namun demikian, di fase ini kepala desa juga masih bisa mencoret data-data yang menurutnya tidak sesuai.

4. Camat mengesahkan permohonan BLT Dana Desa

Jika kepala desa sudah memberikan tanda tangan pengesahan pada permohonan untuk mendapatkan BLT Dana Desa, maka langkah selanjutnya adalah mendapatkan tanda tangan dari camat.

5. Bupati mengesahkan permohonan BLT Dana Desa

Setelah camat memberikan tanda tangan untuk mengesahkan permohonan BLT Dana Desa, selanjutnya permohonan tersebut juga harus mendapatkan tanda tangan dari Bupati.

6. Kepala desa mengumumkan siapa saja penerima BLT Dana Desa

Jika permohonan anda sudah mendapatkan tanda tangan dari Bupati, maka surat permohonan tersebut akan Bupati kembalikan ke masing-masing kepala desa.

Dan nantinya, kepala desa akan mengumumkan siapa saja yang berhak mendapatkan BLT Dana Desa di periode selanjutnya.

Bagaimana Cara Cek BLT Dana Desa Online + Cair Bantuan 900rb?

Jika anda sudah mendaftarkan diri untuk menjadi salah satu penerima BLT Dana Desa, selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah cek BLT Dana Desa online tersebut.

Lalu bagaimana cara cek BLT dana desa online + cair bantuan 900rb? Bagi anda yang ingin bisa cek BLT dana desa online + cair bantuan 900rb, anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka browser yang ada di dalam PC, laptop, ataupun HP anda.
  2. Kemudian, buka halaman https://sid.kemendesa.go.id.
  3. Setelah bisa mengakses halaman website resmi tersebut, anda bisa mulai melakukan pencarian nama desa anda.
  4. Ketikkan nama desa anda di dalam kolom pencarian yang sudah disediakan.
  5. Jika sudah, tekan tombol Enter.
  6. Bila nama desa yang anda cari sudah muncul, tekan tombol BLT Dana Desa untuk melakukan pencarian.
  7. Setelah menekan tombol tersebut, maka anda akan masuk ke dalam halaman website yang menyajikan semua nama penerima BLT Dana Desa di daerah anda.

Jika sudah mengikuti langkah-langkah tersebut, maka hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah mencari apakah nama anda ada di dalam daftar nama penerima BLT Dana Desa tersebut.

Selain dengan menggunakan cara cek BLT dana desa online + cair bantuan 900rb tersebut, sebenarnya anda yang memang menjadi penerima BLT Dana Desa akan mendapatkan surat undangan dari kepala desa.

Surat tersebut anda gunakan untuk mengambil bantuan BLT Dana Desa nanti. Jadi sebenarnya, tanpa perlu cek BLT dana desa online + cair bantuan 900rb saja, anda sudah bisa mengetahui apakah anda menjadi penerima bantuan tersebut atau tidak.

Syarat Untuk Mengambil BLT Dana Desa

Lalu bagaimana jika setelah cek BLT dana desa online + cair bantuan 900rb, ternyata anda memang menjadi salah satu penerima bantuan tersebut?

Apa yang perlu anda persiapkan untuk bisa mengambil BLT Dana Desa tersebut? Jika anda memang menjadi salah satu penerima BLT Dana Desa, maka anda bisa melengkapi beberapa syarat berikut ini untuk mengambil BLT Dana Desa tersebut:

  • Surat undangan dari kepala desa
  • KTP asli beserta dengan fotokopi
  • Kartu Keluarga asli dengan fotokopi

Setelah mempersiapkan semua syarat-syarat tersebut, selanjutnya anda hanya perlu datang langsung ke kantor Kelurahan sesuai dengan jadwal yang tercantum di dalam surat undangan.

Berbagai Macam Alasan Kenapa Anda Tidak Menerima BLT Dana Desa

Lalu bagaimana jika ternyata setelah anda cek BLT dana desa online + cair bantuan 900rb ternyata nama anda tidak ada di dalam daftar penerima bantuan tersebut?

Apa saja alasan yang bisa membuat anda gagal menjadi salah satu penerima BLT Dana Desa tersebut? Berikut ini adalah beberapa hal yang biasanya paling sering menjadi penyebab kenapa anda tidak masuk menjadi salah satu penerima BLT Dana Desa:

  • Anda merupakan keluarga mampu

Alasan pertama kenapa anda sampai tidak masuk ke dalam daftar penerima BLT Dana Desa ini mungkin adalah karena anda sudah dianggap sebagai orang mampu.

Seperti yang sudah disebutkan, sasaran BLT Dana Desa ini memang mereka yang dianggap tidak mampu atau terdampak langsung dengan pandemi COVID 19.

Oleh sebab itu, jika saat ini pemerintah desa menolak memberikan bantuan tersebut pada anda, maka kemungkinan besar anda termasuk salah satu orang yang mampu.

  • Sudah menerima bantuan lain dari pemerintah

Seperti yang sudah disebutkan, salah satu syarat utama untuk bisa menjadi penerima BLT Dana Desa ini adalah anda harus tidak sedang menerima bantuan lain dari pemerintah.

Kenapa anda tidak bisa menerima BLT Dana Desa jika sudah menerima bantuan lain dari pemerintah? Hal tersebut karena pemerintah memang sedang berusaha untuk memberikan bantuan secara merata.

Jadi secara mudahnya, semua lapisan masyarakat bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah dengan seadil mungkin.

  • Data yang anda input kurang lengkap

Alasan berikutnya kenapa anda sampai tidak bisa menjadi penerima BLT Dana Desa biasanya adalah karena data yang anda input tidak lengkap.

Oleh sebab itu, jika anda memang mendaftar secara mandiri untuk menjadi penerima BLT Dana Desa, maka ada baiknya cek kembali apakah data yang anda input memang sudah lengkap.

Jika memungkinkan, tanyakan kembali kepada petugas jika anda sudah selesai mengisi formulir untuk mendaftar menjadi penerima BLT Dana Desa.

  • Belum giliran anda untuk menerima BLT Dana Desa

Hal lain yang juga bisa menjadi salah satu alasan kenapa sampai saat ini anda belum menerima BLT Dana Desa adalah karena belum giliran anda.

Perlu anda ketahui, ada banyak sekali masyarakat Indonesia yang mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Oleh sebab itu, pemerintah memang tidak membagikan bantuan dalam sekali waktu. Pemerintah memang membagikan bantuan tersebut secara bertahap.

Oleh sebab itu, tidak heran jika terkadang sudah ada yang mendapatkan bantuan namun ada juga yang belum mendapatkan bantuan tersebut.

Untuk memastikan, anda bisa tunggu terlebih dahulu selama 1 periode. Jika memang anda masuk dalam data penerima BLT Dana Desa, maka kemungkinan di periode berikutnya anda baru akan menerima bantuan tersebut.

  • Sudah mendapatkan pinjaman dari bank

Alasan terakhir kenapa anda bisa sampai tidak berhak mendapatkan BLT Dana Desa ini adalah karena anda sudah mendapatkan pinjaman dari bank.

Hal tersebut karena setiap orang yang mendapatkan pinjaman dari bank sudah akan mendapatkan keringanan langsung dari bank di Indonesia.

Oleh sebab itu, mereka tidak masuk dalam kategori yang layak mendapatkan BLT Dana Desa ini.

Sampai Kapan BLT Dana Desa Diberikan Oleh Pemerintah?

Setelah mengetahui bagaimana cara cek BLT dana desa online + cair bantuan 900rb, lalu sampai kapan bantuan tersebut diberikan oleh pemerintah?

Menurut pemerintah, bantuan tersebut akan terus diberikan selama perekonomian masih belum pulih pasca pandemi COVID 19.

Jika saat ini memang anda belum memperoleh bantuan tersebut, ada kemungkinan di periode berikutnya anda bisa memperolehnya.

Oleh sebab itu, ada baiknya anda rutin cek BLT dana desa online + cair bantuan 900rb untuk mengetahui kapan periode anda bisa mendapatkan bantuan tersebut.