Cara Cek dan Daftar DTKS Online Dengan Tepat

Home » Teknologi » Cara Cek dan Daftar DTKS Online Dengan Tepat

Semenjak pandemi COVID 19, pemerintah Indonesia memang terus menambah jumlah bantuan. Jika anda sudah paham bagaimana cara cek dan daftar DTKS online, maka anda bisa membuktikan bahwa jumlah penerima bantuan di Indonesia terus bertambah.

Namun sayangnya, memang belum banyak yang mengetahui bagaimana cara cek dan daftar DTKS online. Padahal, hal tersebut sangatlah penting, terutama jika anda memang termasuk salah satu dari mereka yang terdampak pandemi COVID 19.

Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara cek dan daftar DTKS online, ada baiknya luangkan sedikit waktu anda untuk mempelajari mengenai hal tersebut di dalam artikel ini.

Cara Cek dan Daftar DTKS Online

Apa Itu DTKS?

Sebelum menjelaskan secara detail mengenai bagaimana cara cek dan daftar DTKS online, sebagian besar dari anda mungkin masih belum paham mengenai apa itu DTKS.

Maksud dari DTKS itu adalah singkatan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Secara mudahnya, DTKS merupakan database rakyat Indonesia yang masuk golongan membutuhkan bantuan.

DTKS sendiri selalu mendapatkan pembaruan setiap durasi tertentu. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bantuan yang diberikan oleh pemerintah benar-benar diterima oleh mereka yang membutuhkan.

Jadi jika anda saat ini masuk ke dalam DTKS, belum tentu beberapa tahun lagi nama anda masih ada di dalamnya. Hal tersebut karena kemungkinan dalam beberapa tahun ini anda sudah mengalami peningkatan dalam hal ekonomi.

Jika anda sudah dirasa mampu, maka nama anda akan dikeluarkan dari DTKS dan anda tidak berhak menerima bantuan lagi.

Namun kebalikannya, jika saat ini ada yang dinyatakan mampu secara ekonomi, belum tentu beberapa tahun lagi orang tersebut tidak masuk dalam DTKS. Orang yang saat ini mampu juga bisa saja masuk DTKS jika tiba-tiba mengalami kesulitan ekonomi.

Bagaimana Cara Cek dan Daftar DTKS?

Seperti yang sudah dijelaskan, DTKS adalah kumpulan data yang digunakan pemerintah untuk menentukan siapa saja yang berhak menerima bantuan.

Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak orang tertarik untuk cek dan daftar DTKS. Lalu bagaimanakah cara cek dan daftar DTKS itu? Bagi anda yang tertarik ingin daftar DTKS, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Anda yang ingin mendaftarkan diri untuk masuk ke DTKS bisa datang langsung ke Kelurahan.
  2. Bawa juga KTP dan juga Kartu Keluarga asli serta fotokopi.
  3. Setelah itu, anda harus mengisi formulir untuk pengajuan daftar DTKS.
  4. Jika sudah mengisi formulir, anda juga akan diajukan beberapa pertanyaan dari Kelurahan.
  5. Kemudian, anda hanya perlu menunggu petugas melakukan validasi data saja.

Proses pengajuan untuk daftar DTKS secara offline ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama. Hal tersebut karena ada cukup banyak fase yang harus dilewati.

Dan selain itu, dalam prosesnya, kemungkinan juga akan ada survey ke alamat tempat tinggal anda untuk memastikan apakah anda memang layak untuk masuk DTKS.

Lalu apakah ada cara daftar DTKS secara online? Sayangnya, hingga saat ini proses untuk daftar DTKS ini hanya bisa melalui kantor Kelurahan setempat saja.

Beragam Metode Validasi Kelayakan DTKS dari Kementerian Sosial

Seperti yang sudah disebutkan, meskipun anda bisa daftar DTKS secara mandiri, namun keputusan anda bisa menjadi salah satu penerima bantuan dari pemerintah itu ditentukan oleh banyak hal.

Salah satu penentu apakah anda layak menjadi penerima bantuan dari pemerintah ini adalah melalui proses validasi.

Proses validasi sendiri terdiri dari berbagai macam metode. Berikut ini adalah beberapa metode validasi Keluarga Penerima Manfaat yang digunakan oleh Kementerian Sosial Indonesia:

  • Musyawarah di tingkat Kelurahan

Setelah anda melakukan pendaftaran secara mandiri di kantor Kelurahan dan menjawab semua pertanyaan dari petugas, maka semua data tersebut akan dibahas oleh petugas dalam sebuah musyawarah bersama di tingkat Kelurahan.

Jika anda memang dirasa layak untuk menjadi penerima bantuan dari pemerintah, maka petugas Kelurahan akan menaikkan data anda ke tingkat validasi selanjutnya.

  • Data masuk ke Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial

Setelah mendapatkan tanda tangan dari Lurah setempat, maka data permohonan anda untuk menjadi salah satu Keluarga Penerima Manfaat akan masuk ke dalam Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial.

  • Data diolah oleh Dinas Sosial

Bila data sudah masuk ke dalam Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial, maka Dinas Sosial akan langsung mengolah data tersebut.

Jika Dinas Sosial menyetujui untuk memasukkan anda ke dalam salah satu penerima manfaat dari pemerintah, maka data anda akan dilaporkan kepada Bupati ataupun Walikota.

  • Bupati atau Walikota menyampaikan hasil validasi

Ketika Dinas Sosial sudah memberikan hasil validasi ke Bupati atau Walikota, maka Bupati atau Walikota akan menyampaikan hasil validasi tersebut ke pihak terkait.

Dan jika sudah melewati fase ini, maka anda sudah secara resmi masuk ke dalam salah satu Keluarga Penerima Manfaat.

Beragam Syarat Untuk Bisa Daftar DTKS

Tidak semua orang memang berhak masuk dalam DTKS. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa masuk ke dalam DTKS.

Lalu apa saja syarat untuk bisa memasukkan nama anda ke dalam DTKS tersebut? Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus anda penuhi untuk bisa mendaftar DTKS:

  • Hanya berlaku untuk masyarakat miskin atau rawan miskin

Syarat pertama untuk bisa masuk ke dalam DTKS Indonesia adalah anda harus termasuk ke dalam golongan masyarakat miskin ataupun rawan miskin.

Apa kriteria golongan masyarakat miskin atau rawan miskin itu? Ada cukup banyak kriteria untuk menentukan seseorang termasuk golongan masyarakat miskin atau tidak.

Salah satu kriterianya adalah memiliki pendapatan kurang dari UMR di tempat dimana mereka tinggal.

Jadi jika saat ini penghasilan anda masih lebih atau minimal setara dengan UMR tempat tinggal anda, maka anda masih belum layak untuk masuk DTKS.

  • Bukan merupakan anggota TNI atau POLRI

Selain harus dari golongan masyarakat miskin ataupun rawan miskin, syarat lain untuk bisa masuk ke dalam DTKS Indonesia itu adalah tidak boleh anggota TNI ataupun POLRI.

Semua anggota TNI maupun POLRI tidak akan bisa masuk ke dalam DTKS Indonesia. Hal tersebut karena kesejahteraan anggota TNI maupun POLRI sudah mendapatkan perhatikan khusus dari pemerintah.

  • Merupakan golongan yang terdampak langsung pandemi COVID 19

Syarat terakhir untuk bisa masuk menjadi bagian dari DTKS Indonesia adalah merupakan golongan yang terdampak langsung dengan pandemi COVID 19.

Salah satu contoh mereka yang berhak langsung masuk ke DTKS adalah yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja sebagai dampak dari COVID 19.

Namun demikian, yang menentukan apakah anda layak untuk menjadi KPM atau Keluarga Penerima Manfaat bukanlah anda sendiri.

Ada tim khusus yang akan menentukan apakah anda termasuk yang layak menjadi penerima bantuan sosial dari pemerintah. Oleh sebab itu, syarat-syarat tersebut hanya bisa anda jadikan sebagai gambaran saja.

Berbagai Macam Bantuan DTKS dari Pemerintah Indonesia

Setelah mengetahui bagaimana cara daftar DTKS dan juga berbagai macam syaratnya, anda juga perlu mengetahui apa saja macam-macam bantuan yang pemerintah berikan untuk orang-orang yang masuk dalam DTKS.

Berikut ini adalah beberapa jenis bantuan yang cukup rutin pemerintah Indonesia berikan kepada Keluarga Penerima Manfaat yang ada di dalam DTKS:

  • Program Keluarga Harapan (PKH)

Jenis bantuan pertama yang bisa anda dapatkan jika masuk ke dalam DTKS Indonesia adalah Program Keluarga Harapan atau lebih terkenal dengan PKH.

Menurut informasi terakhir, besarnya bantuan untuk Program Keluarga Harapan ini adalah mulai dari Rp 900.000 hingga Rp 3.000.000.

  • Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Selain PKH, sebagian dari Keluarga Penerima Manfaat yang terdaftar di dalam DTKS menjadi penerima Bantuan Pangan Non Tunai.

Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT ini akan pemerintah berikan setiap 3 bulan sekali.

Awalnya, penerima Bantuan Pangan Non Tunai ini mendapatkan bantuan dalam wujud sembako. Namun seiring berjalannya waktu, untuk mempermudah, pemerintah memberikan bantuan berupa uang.

Nominal Bantuan Pangan Non Tunai ini adalah sebesar Rp 600.000. Jadi nominal BPNT ini sebesar Rp 200.000 per bulannya.

  • Kartu Indonesia Pintar

Selain BPNT dan PKH, sebagian dari masyarakat yang terdaftar di dalam DTKS juga mendapatkan bantuan bernama Kartu Indonesia Pintar. Bantuan Kartu Indonesia Pintar ini lebih untuk mereka yang masih berstatus sebagai pelajar.

Kartu Indonesia Pintar ini cair setiap semester. Besaran bantuan KIP ini adalah sebesar Rp 700.000.

3 jenis bantuan tersebut merupakan bantuan inti yang pemerintah berikan pada mereka yang terdaftar di dalam DTKS.

Namun demikian, masih ada cukup banyak bantuan khusus yang bisa pemerintah dapatkan untuk mempercepat pemulihan perekonomian di Indonesia pasca pandemi COVID 19.

Cara Cek Status Anda di Dalam DTKS Secara Online

Setelah mengetahui bagaimana cara untuk daftar DTKS dan juga berbagai macam jenis bantuan yang bisa anda dapatkan, sekarang anda juga perlu mengetahui bagaimana cara cek dan daftar DTKS online.

Berikut ini adalah panduan untuk cek status anda di dalam DTKS secara online:

  1. Pertama-tama, buka browser yang terpasang di HP, PC, ataupun laptop anda.
  2. Setelah itu, buka halaman https://cekbansos.kemensos.go.id.
  3. Di dalam halaman website tersebut, isi data Wilayah Penerima Manfaat dan juga Nama Penerima Manfaat sesuai dengan KTP anda.
  4. Setelah itu, masukkan 8 digit huruf yang Captcha.
  5. Terakhir, tekan tombol Cari Data.

Jika nama anda sudah masuk ke dalam DTKS, maka anda akan mendapatkan status mengenai bantuan apa yang akan anda terima.

Selain itu, andapun bisa melihat status bantuan tersebut sudah cair ataupun belum. Dan bukan hanya itu saja, anda juga bisa mengetahui kapan pemerintah mulai membagikan bantuan tersebut kepada penerima manfaat.

Selain melalui website resmi dari Kementerian Sosial Indonesia, sebenarnya masih ada cara cek dan daftar DTKS online lainnya yaitu dengan menggunakan aplikasi resmi dari Kementerian Sosial Indonesia.

Lalu bagaimanakah cara cek dan daftar DTKS online menggunakan aplikasi resmi dari Kementerian Sosial Indonesia tersebut? Ikuti panduan ini untuk cek status anda sebagai penerima manfaat melalui aplikasi resmi dari Kementerian Sosial Indonesia tersebut:

  1. Sebelum bisa cek status anda sebagai penerima manfaat melalui aplikasi, pertama-tama anda harus sudah pasang terlebih dahulu aplikasinya. Anda bisa download aplikasi tersebut dari Playstore.
  2. Setelah itu, jalankan aplikasi tersebut dari HP anda.
  3. Kemudian, isikan Wilayah Penerima Manfaat beserta dengan Nama Penerima Manfaat sesuai dengan data KTP anda.
  4. Jika sudah anda isi sesuai dengan data di dalam KTP, selanjutnya masukkan 8 digit huruf Captcha.
  5. Terakhir, anda hanya perlu tekan tombol Cek Data.
  6. Bila anda memang sudah terdaftar sebagai penerima salah satu jenis bantuan, maka anda bisa melihat jenis bantuan yang anda dapatkan beserta dengan tanggal pencairannya.

Secara garis besarnya, cara cek dan daftar DTKS online menggunakan website resmi maupun aplikasi resmi dari Kementerian Sosial Indonesia ini cukup mudah dan sama alurnya.

Beragam Alasan Kenapa Anda Belum Menerima Bantuan

Jika anda sudah daftar untuk menjadi salah satu Keluarga Penerima Manfaat atau KPM melalui kantor Kelurahan namun anda belum mendapatkan bantuan, maka jangan berkecil hati terlebih dahulu.

Ada beberapa alasan kenapa sudah daftar DTKS dan cek DTKS online namun anda belum juga mendapatkan bantuan dari pemerintah. Berikut adalah beberapa alasannya:

  • Masih dalam proses survey

Alasan pertama kenapa anda yang sudah mendaftarkan diri untuk menjadi salah satu Keluarga Penerima Manfaat, namun belum mendapatkan bantuan adalah karena masih dalam tahap survey.

Perlu anda ketahui, untuk benar-benar bisa masuk ke dalam DTKS, anda harus melewati serangkaian survey. Hal tersebut untuk memastikan bahwa penerima bantuan memang tepat sasaran.

Oleh sebab itu, jika anda sudah cek dan daftar DTKS online namun belum juga mendapatkan bantuan, maka anda harus sedikit bersabar.

  • Masih belum giliran anda untuk menerima bantuan

Jika bukan karena masih dalam proses survey, anda yang sudah cek dan daftar DTKS online bisa saja belum mendapatkan bantuan karena masih belum giliran anda.

Karena jumlah penerima bantuan makin meningkat jumlahnya semenjak pandemi COVID 19, maka tidak heran jika pemerintah memberlakukan pemberian bantuan secara bertahap.

Hal ini untuk meringankan APBN maupun APBD. Dengan memberikan secara bertahap, maka pemerintah tidak mengeluarkan uang dalam jumlah terlalu besar dalam waktu singkat.

Jadi itulah beberapa alasan yang mungkin saja membuat anda yang sudah cek dan daftar DTKS online namun belum juga menerima bantuan dari pemerintah.

Jika memang anda belum mendapatkan bantuan dalam beberapa periode, maka anda bisa cek dan daftar DTKS online sekali lagi. Selain itu, andapun bisa coba tanyakan langsung mengenai status anda sebagai Keluarga Penerima Manfaat di kantor Kelurahan.

Beragam Manfaat Menjadi Penerima Bantuan dari Pemerintah

Jika anda sudah paham mengenai bagaimana cara cek dan daftar DTKS online, lalu apakah manfaat yang bisa anda dapatkan jika sudah menjadi salah satu Keluarga Penerima Manfaat dari pemerintah?

Jika anda sudah menjadi salah satu Keluarga Penerima Manfaat, maka anda akan mendapatkan beberapa manfaat berikut ini:

  • Mendapatkan bantuan secara berkala dari pemerintah

Karena masuk ke dalam golongan masyarakat miskin ataupun rentan miskin, maka anda akan mendapatkan bantuan secara berkala dari pemerintah hingga kondisi perekonomian anda bisa lebih baik.

Dengan begitu, maka pemerintah berharap anda tidak akan mengalami kekurangan pangan selama masih dalam golongan masyarakat miskin.

Namun demikian, jika nantinya perekonomian anda sudah membaik, maka anda juga akan terhapus dari DTKS dan tidak berhak mendapatkan bantuan dari pemerintah lagi.

  • Membantu pemerintah juga untuk memulihkan perekonomian pasca pandemi COVID 19

Pemerintah memberikan bantuan kepada sebagian besar masyarakat Indonesia ini juga ada manfaatnya untuk perekonomian Indonesia.

Dengan menggelontorkan banyak bantuan, maka pemerintah juga berharap perekonomian Indonesia bisa lebih cepat pulih pasca pandemi COVID 19 ini.

Sekarang sudah paham bukan bagaimana cara cek dan juga daftar DTKS online maupun offline itu? Lalu kapan rencananya anda akan daftar?