Cara Cek Pemakaian Kuota Indihome dari Smartphone

Home » Teknologi » Cara Cek Pemakaian Kuota Indihome dari Smartphone

Indihome adalah salah satu provider jaringan internet unlimited di Indonesia. Namun faktanya, ternyata koneksi internet Indihome itu tidak murni unlimited atau lebih tepatnya masih berbasis kuota. Lalu bagaimana cara cek pemakaian kuota Indihome?

Bagi anda pengguna jaringan internet Indihome, memang anda wajib harus mengetahui bagaimana cara cek pemakaian kuota Indihome. Kenapa? Hal tersebut perlu anda ketahui untuk membatasi agar jangan sampai menggunakan internet secara berlebihan.

Untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana caranya cek penggunaan kuota internet Indihome tersebut, anda bisa pelajari lebih lengkapnya di dalam artikel ini.

Cara Cek Pemakaian Kuota Indihome

Apa yang Terjadi Jika Anda Menggunakan Internet Indihome Melebihi Batas Kuota?

Sebagian besar dari anda mungkin masih belum begitu paham mengenai kenapa anda harus rutin cek pemakaian kuota internet Indihome yang anda gunakan saat ini.

Sebenarnya apa yang terjadi jika sampai anda menggunakan koneksi internet melebihi batas penggunaan wajar dari Indihome tersebut?

Salah satu konsekuensi terbesar jika anda menggunakan koneksi internet melebihi batas penggunaan wajar adalah kecepatan internet anda akan makin menurun.

Jadi secara mudahnya, jika anda terlalu sering menggunakan koneksi internet dan sudah melebihi batas penggunaan wajarnya, maka kecepatan internet anda akan dikurangi oleh sistem Indihome.

Berapa Batas Penggunaan Kuota Internet Indihome?

Sebelum mempelajari bagaimana cara cek pemakaian kuota Indihome, tentunya anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai berapa batas penggunaan wajar kuota internet dari Indihome tersebut.

Untuk urusan FUP atau Fair Usage Policy, koneksi internet Indihome sendiri memiliki cukup banyak FUP. Hal tersebut ditentukan dari masing-masing jenis paket internet yang anda pilih.

Dan bukan hanya itu saja, Indihome juga memberlakukan 2 tingkatan FUP untuk masing-masing jenis paket internet tersebut. Berikut ini merupakan tabel FUP untuk masing-masing paket internet dari Indihome:

Paket InternetInternet 20 MbpsInternet 30 MbpsInternet 40 MbpsInternet 50 MbpsInternet 100 Mbps
FUP I500 GB700 GB900 GB1200 GB2000 GB
FUP II800 GB1200 GB1600 GB2000 GB
Penurunan Kecepatan I15 Mbps22,5 Mbps30 Mbps37,5 Mbps50 Mbps
Penurunan Kecepatan II8 Mbps12 Mbps16 Mbps20 Mbps50 Mbps

Jadi semisal anda menggunakan paket internet Indihome yang 20 Mbps dan sudah menggunakan kuota internet lebih dari 500 GB, maka kecepatan yang awalnya sebesar 20 Mbps akan turun menjadi 15 Mbps saja.

Selanjutnya, jika anda menggunakan kuota internet melebihi 800 GB, maka kecepatan internet akan turun kembali menjadi 8 Mbps.

Bagaimana Cara Mengembalikan Kecepatan Internet Indihome?

Jika anda memang sudah terkena penurunan kecepatan karena menggunakan koneksi internet melebihi FUP, maka ada beberapa cara untuk mengembalikan lagi kecepatan internet ke asalnya.

Cara yang pertama adalah dengan membeli paket tambahan dari Indihome. Paket tambahan atau biasa dikenal dengan booster ini bisa anda dapatkan langsung melalui customer service Indihome.

Namun jika anda tidak ingin mengeluarkan uang tambahan, kecepatan internet Indihome yang anda gunakan akan kembali ke asalnya setelah 1 bulan penggunaan.

Jadi secara mudahnya, FUP dari Indihome ini akan diatur ulang setiap bulannya. Oleh sebab itu, setiap awal bulan, kecepatan internet anda akan kembali sesuai aslinya.

Catatan:

Kecepatan koneksi internet Indihome akan kembali seperti aslinya jika tidak ada masalah pada jaringan internet anda.

Jika koneksi internet anda mengalami masalah, maka kecepatan internet biasanya tidak akan secepat biasanya.

Selain itu, kecepatan internet anda baru akan kembali seperti aslinya jika anda sudah melakukan pembayaran tagihan Indihome. Jika anda belum membayar, koneksi internet anda bahkan tidak akan bisa anda gunakan lagi karena masuk ke masa isolasi.

Beragam Hal Penyebab Kuota Indihome Sering Melebihi Batas Pemakaian

Sebagian besar dari anda mungkin masih merasa bingung kenapa kuota internet anda bisa sampai melebihi batas penggunaan dari Indihome.

Ternyata, memang ada cukup banyak hal yang bisa meningkatkan penggunaan kuota internet. Berikut ini adalah beberapa hal yang paling sering menjadi penyebab kuota internet Indihome melebihi FUP tanpa anda sadari:

  • Sering streaming video dengan kualitas HD keatas

Hal pertama yang paling sering menjadi penyebab kenapa kuota internet Indihome sampai melebihi FUP adalah karena anda sering streaming video.

Streaming video memang tidak menjadi masalah. Yang menjadi masalah adalah jika anda sering streaming video dengan kualitas di atas HD.

Perlu anda ketahui, streaming video yang kualitasnya HD keatas itu memakan banyak kuota internet. Hal tersebut karena file video dengan kualitas diatas HD itu sangatlah besar.

Oleh sebab itu, tidak heran jika kuota internet Indihome anda sering melewati FUP jika anda sering streaming video yang kualitasnya terlampau jernih.

  • Sering download file

Bagi anda yang menggunakan PC maupun laptop, biasanya anda juga menjadi salah satu yang sering menghabiskan kuota FUP Indihome secara tidak anda sadari.

Hal tersebut karena anda yang menggunakan PC maupun laptop itu sering download file menggunakan jaringan Indihome.

Sekilas, mungkin banyak dari anda yang merasa tidak pernah download file dari PC maupun laptop. Namun sebenarnya, hal tersebut anda lakukan secara tidak sadar.

Jika saat ini anda menggunakan PC maupun laptop dengan OS Windows 10 keatas, maka dapat dipastikan anda secara tidak sadar sering download file dari PC maupun laptop anda tersebut.

Hal tersebut dilakukan secara otomatis oleh sistem di dalam PC maupun laptop anda untuk download file-file update OS Windows. Dan perlu anda ketahui, ukuranf ile update OS Windows itu juga cukup besar.

Oleh sebab itu, meskipun tampaknya anda tidak pernah download file, namun sebenarnya anda sudah download file dengan ukuran yang cukup besar dari PC ataupun laptop anda.

  • Menghubungkan terlalu banyak perangkat ke jaringan Indihome

Hal lain yang juga sering membuat anda menggunakan koneksi internet Indihome melebihi FUP adalah karena anda menghubungkan terlalu banyak perangkat ke jaringan Indihome.

Sebenarnya, masing-masing paket Indihome itu sudah ditentukan mengenai berapa idealnya perangkat yang terhubung dengan paket tersebut. Namun sayangnya, banyak orang tidak begitu memperdulikan mengenai hal tersebut.

Padahal, jika anda menghubungkan terlalu banyak perangkat di sebuah jaringan Indihome, maka efeknya yang pasti langsung akan anda rasakan adalah terlalu cepat melebihi FUP.

Dan jika sudah melebihi FUP, maka mau tidak mau kecepatan internet Indihome anda akan dikurangi sesuai dengan prosedurnya.

  • Jaringan WiFi diretas

Selain karena penggunaan anda sendiri, terkadang pemakaian kuota Indihome bisa melebihi FUP juga bukan hanya karena kesalahan anda sendiri.

Hal tersebut juga bisa terjadi karena jaringan WiFi yang anda miliki sudah diretas oleh orang lain. Ketika ada yang bisa mengakses jaringan WiFi anda tanpa anda ketahui, maka sudah pasti cepat atau lambat Indihome anda akan melebihi FUP.

Kenapa? Karena yang menggunakan jaringan tersebut sudah bukan lagi anda saja, namun semua orang yang mengetahui password jaringan WiFi anda.

Tips Agar Pemakaian Kuota Indihome Tidak Sampai Melebihi FUP

Jika anda tidak ingin merasakan penurunan kecepatan internet dari Indihome, maka satu satunya cara adalah memastikan penggunaan jaringan internetnya jangan sampai melebihi FUP.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk memastikan pemakaian kuota Indihome anda tidak sampai melebihi FUP:

  • Gunakan paket Indihome yang lebih besar

Jika memang pemakaian kuota Indihome anda sering melebihi FUP, maka itu artinya paket internet yang saat ini anda gunakan tidak sesuai dengan kebutuhan anda.

Bila setiap bulan anda melebihi FUP, itu artinya anda harus menaikkan paket Indihome yang anda gunakan.

Dengan meningkatkan jenis paket Indihome, maka sudah pasti anda tidak akan mengalami masalah penurunan kecepatan internet karena melebihi FUP lagi.

  • Jangan terlalu banyak menghubungkan perangkat ke jaringan internet

Selain meningkatkan jenis paket Indihome yang anda gunakan, hal selanjutnya yang bisa memastikan anda bebas dari masalah penurunan kecepatan internet karena melebihi FUP adalah membatasi perangkat yang terhubung ke jaringan tersebut.

Sesuaikan banyaknya perangkat yang bisa terhubung dengan jaringan internet anda sesuai dengan saran dari Indihome.

Dengan begitu, maka tidak akan ada terlalu banyak perangkat yang menyedot kuota internet dari jaringan Indihome anda.

  • Kurangi aktivitas streaming dan download

Bila memang anda tidak ingin meningkatkan paket Indihome yang saat ini anda gunakan, maka sebisa mungkin batasi penggunaan jaringan internet anda.

Salah satu cara untuk membatasinya adalah dengan mengurangi aktivitas seperti streaming video dan juga download berbagai macam file.

Jika memang anda ingin streaming video, cukup pilih kualitas 1080p sebagai kualitas maksimal. Namun jika anda ingin lebih irit kuota internet, anda lebih baik gunakan kualitas 480p atau 720p saja.

Meskipun tidak begitu jernih, namun setidaknya video dengan kualitas tersebut masih sangat nyaman untuk anda tonton.

  • Sering ganti password jaringan WiFi

Hal terakhir yang bisa anda lakukan untuk mencegah agar pemakaian kuota Indihome tidak melebihi FUP adalah sering mengganti password jaringan WiFi anda.

Dengan sering mengganti password jaringan WiFi anda secara berkala, maka tidak akan ada yang bisa menggunakan jaringan WiFi tanpa seijin anda.

Jika tidak ada yang bisa menyusup ke jaringan WiFi anda, maka kemungkinan pemakaian kuota Indihome anda melebihi FUP akan makin kecil.

Beragam Cara Cek Pemakaian Kuota Indihome dari Smartphone

Setelah mengetahui seluk beluk mengenai FUP dari jaringan Indihome, sekarang anda bisa mempelajari juga mengenai bagaimana cara cek pemakaian kuota Indihome.

Ada cukup banyak cara cek pemakaian kuota Indihome anda melalui smartphone. Berikut ini adalah beberapa caranya:

1. Cara cek pemakaian kuota Indihome dengan aplikasi My Indihome

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk cek pemakaian kuota Indihome adalah dengan menggunakan aplikasi My Indihome. Aplikasi tersebut sudah tersedia baik di Playstore maupun App Store.

Setelah anda memasang aplikasi tersebut di smartphone, anda bisa ikuti panduan berikut ini untuk cek FUP Indihome anda:

  1. Pastikan smartphone anda sudah terkoneksi dengan jaringan WiFi Indihome anda.
  2. Jalankan aplikasi My Indihome di smartphone anda.
  3. Kemudian, tekan tombol Login.
  4. Anda bisa Login menggunakan nomor internet ataupun nomor HP yang terdaftar di Indihome.
  5. Jika sudah berhasil login, tekan tombol Beranda.
  6. Informasi mengenai penggunaan kuota internet Indihome anda akan muncul di halaman Beranda Selain itu, andapun juga bisa melihat FUP dari jaringan internet Indihome anda.

Setelah mengetahui seberapa banyak kuota internet Indihome yang sudah anda gunakan, maka anda bisa mulai menghemat agar kecepatan internet anda tidak dikurangi jika melebihi FUP.

2. Cara cek pemakaian kuota Indihome melalui website resmi Indihome

Jika anda kurang begitu suka memasang aplikasi tambahan di smartphone, maka anda juga bisa cek pemakaian kuota Indihome hanya dengan bermodalkan browser saja.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk cek FUP jaringan Indihome melalui website resminya:

  1. Pertama-tama, buka terlebih dahulu browser yang terpasang di dalam smartphone anda.
  2. Kemudian, akses halaman https://myih.telkom.co.id/login.
  3. Seperti pada aplikasi My Indihome, anda bisa login terlebih dahulu ke dalam akun Indihome anda.
  4. Anda hanya perlu memasukkan nomor HP yang terdaftar sebagai pelanggan Indihome saja untuk login.
  5. Setelah bisa login ke dalam akun anda, maka cari dan tekan menu Rincian Internet.
  6. Di dalam menu tersebut, anda bisa melihat secara detail mengenai berapa kuota internet yang sudah anda gunakan. Selain itu, anda juga bisa melihat berapa banyak lagi anda mendekati FUP.

Jika anda cek melalui website, maka anda tidak harus terhubung dengan jaringan WiFi Indihome yang ingin anda cek penggunaan kuotanya. Berbeda ketika anda ingin cek menggunakan aplikasi My Indihome.

3. Cara cek pemakaian kuota Indihome melalui SMS

Selain bisa menggunakan aplikasi My Indihome dan juga website resmi, anda juga bisa cek pemakaian kuota Indihome dengan menggunakan SMS.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk cek berapa banyak kuota internet yang sudah anda gunakan di jaringan Indihome menggunakan SMS:

  1. Buka aplikasi perpesanan yang terpasang di dalam smartphone ataupun feature phone anda.
  2. Setelah itu, ketikkan ISP (SPASI) IH (SPASI) Nomor ID Indihome anda.
  3. Jika sudah mengetikkan format tersebut, maka anda hanya perlu mengirimkan SMS tersebut ke nomor 98108.

Tunggu hingga ada SMS balasan dari sistem Indihome. Di dalam SMS balasan tersebut akan terdapat informasi mengenai berapa kuota internet yang sudah anda gunakan dan berapa FUP pertama dan kedua jaringan Indihome anda.

4. Cara cek pemakaian kuota Indihome dari Customer Service

Jika anda tidak mau repot-repot untuk cek pemakaian kuota Indihome, maka cara yang terakhir ini cocok untuk anda gunakan.

Untuk mengetahui berapakah kuota internet yang sudah anda gunakan hingga saat ini, maka anda hanya perlu menghubungi customer service Indihome saja.

Anda bisa menghubungi customer service Indihome melalui nomor 147. Namun sekali lagi, panggilan telepon ini sudah tidak gratis. Jadi setidaknya anda harus menyiapkan pulsa untuk telepon ke nomor 147 tersebut.

Selain 4 cara cek pemakaian kuota Indihome tersebut, sebenarnya anda juga bisa datang langsung ke kantor Indihome terdekat untuk mengetahui berapa kuota internet yang saat ini sudah anda gunakan.

Selain bisa mengetahui berapa kuota internet yang sudah anda gunakan, andapun bisa sekaligus menambahkan paket booster jika memang sudah melebihi FUP.

Jadi bagaimana? Sekarang sudah benar-benar paham bukan mengenai bagaimana cara cek pemakaian kuota Indihome itu? Dari berbagai macam cara yang sudah dibahas, cara yang manakah yang menurut anda paling praktis?