Cara Daftar UMKM Online Resmi Beserta Manfaatnya

Home » Teknologi » Cara Daftar UMKM Online Resmi Beserta Manfaatnya

Jika anda bandingkan, jumlah UMKM di Indonesia ini memang jauh lebih banyak dari usaha kelas atas. Namun sayangnya, tidak banyak UMKM yang sudah terdaftar. Hal tersebut karena memang banyak pelaku UMKM yang belum tau cara daftar UMKM online.

Selain itu, masih banyak pelaku UMKM yang menganggap proses untuk mendaftarkan diri sebagai UMKM secara resmi itu masih sulit seperti pada zaman dulu.

Padahal, saat ini cara untuk daftar UMKM secara resmi itu sudah sangat mudah dan bahkan bisa anda lakukan secara online.

Dan bukan hanya mudah saja prosesnya, jika UMKM yang anda geluti sudah terdaftar, anda juga bisa mendapatkan banyak manfaat, terutama dari pemerintah secara langsung.

Cara Daftar UMKM Online

Ingin mengetahui bagaimana caranya daftar UMKM secara online? Jika anda tertarik untuk mendaftarkan UMKM yang anda geluti secara online, anda bisa pelajari langkah-langkah lengkapnya di artikel ini.

Kenapa Anda Harus Daftar UMKM Secara Resmi?

Sebagian besar dari anda mungkin masih menganggap bahwa mendaftarkan UMKM yang anda tekuni saat ini itu tidak begitu penting.

Namun faktanya, anda justru mengalami banyak kerugian jika sampai tidak segera mendaftarkan UMKM yang anda jalankan.

jika anda sudah mendaftarkan UMKM yang anda jalankan, maka anda bisa mendapatkan berbagai macam manfaat seperti berikut ini:

  • Usaha yang anda jalankan sudah memiliki perlindungan hukum

Manfaat pertama kenapa anda harus segera mendaftarkan UMKM yang saat ini sedang anda jalankan adalah agar usaha anda tersebut memiliki perlindungan hukum.

Jika UMKM yang anda jalankan masih belum terdaftar, maka anda bisa dengan mudah terkena masalah seperti penggusuran ataupun penertiban dari aparat.

Namun jika anda sudah terdaftar, maka usaha anda tersebut sudah diakui secara resmi dan tentunya tidak akan ada masalah seperti penggusuran maupun penertiban.

  • Usaha jadi makin mudah untuk berkembang

Bagi anda yang sampai saat ini masih enggan untuk mendaftarkan UMKM yang anda geluti, maka sama artinya dengan tidak ingin usaha anda berkembang.

Kenapa? Karena usaha yang tidak terdaftar itu akan sangat sulit bekerjasama dengan perusahaan besar. Mayoritas perusahaan besar hanya mau bekerjasama dengan usaha-usaha yang sudah berbadan hukum.

Oleh sebab itu, jika anda ingin usaha anda menjadi makin besar, pastikan untuk mendaftarkan terlebih dahulu ijin usaha anda tersebut sejak dini.

  • Anda bisa lebih mudah mendapatkan pinjaman dana

Tidak dapat dipungkiri, dalam menjalankan sebuah usaha, terkadang anda membutuhkan dana tambahan.

Jika UMKM yang anda jalankan masih belum memiliki status hukum yang jelas, maka anda akan kesulitan mencari pinjaman dana untuk mengembangkan usaha anda.

Namun jika anda sudah terdaftar, maka kesempatan untuk bisa mendapatkan pinjaman usaha dari bank akan jauh lebih mudah.

Kenapa? Hal tersebut karena mayoritas bank memang hanya berani memberikan pinjaman usaha pada perusahaan yang sudah berbadan hukum.

  • Mendapatkan pelatihan langsung dari pemerintah

Manfaat lain yang bisa anda dapatkan jika UMKM yang anda geluti sudah terdaftar adalah anda bisa mengikuti berbagai macam pelatihan dari pemerintah.

Dengan mengikuti berbagai macam pelatihan tersebut, maka keahlian anda untuk mengembangkan usaha anda akan menjadi makin banyak. Dan menariknya lagi, mayoritas pelatihan tersebut memang bisa anda ikuti secara gratis.

  • Mendapatkan bantuan tunai langsung dari pemerintah

Alasan lain kenapa anda pelaku UMKM harus segera mendaftarkan usaha anda adalah agar anda bisa mendapatkan bantuan tunai langsung dari pemerintah.

Sejak pandemi COVID 19, pemerintah Indonesia memang cukup rutin memberikan bantuan kepada UMKM. Hal tersebut dilakukan untuk membantu agar UMKM bisa bertahan selama penurunan ekonomi di masa pandemi COVID 19.

Namun demikian, tidak semua UMKM berhak mendapatkan bantuan ini. Bantuan ini hanya untuk UMKM yang sudah terdaftar secara resmi saja.

Oleh sebab itu, jika saat ini anda masih belum mendaftarkan usaha yang anda jalani, maka anda akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan bantuan tunai dari pemerintah.

Jadi itulah semua alasan kenapa anda harus segera daftar UMKM anda. Selain bisa mendapatkan semua manfaat tersebut, sebenarnya cara daftar UMKM saat ini juga cukup mudah karena bisa anda lakukan secara online.

Manfaat BLT Bagi Pelaku UMKM

Salah satu alasan kenapa anda harus daftar UMKM online adalah agar bisa mendapatkan Bantuan Tunai Langsung dari pemerintah.

Lalu apa manfaatnya BLT bagi pelaku UMKM tersebut? Berikut ini adalah beberapa manfaat BLT bagi pelaku UMKM:

  • Mempertahankan usaha selama masa pemulihan ekonomi

Selama masa pandemi COVID 19, semua sektor ekonomi di Indonesia benar-benar terdampak. Oleh sebab itu, pemerintah memberikan bantuan bagi UMKM agar bisa bertahan selama masa pemulihan ekonomi berlangsung.

  • Mengembangkan usaha sesuai dengan permintaan pasar sekarang

Tidak dapat dipungkiri, pasca pandemi COVID 19, semua berubah total. Hal ini juga dirasakan oleh banyak pelaku UMKM.

Permintaan pasar juga mengalami perubahan yang cukup drastis. Untuk mengatasi masalah ini, maka solusinya hanyalah satu yaitu ikut beradaptasi dengan permintaan pasar saat ini.

Dengan bisa mendapatkan BLT dari pemerintah, sudah pasti anda bisa lebih cepat beradaptasi dan menuruti permintaan pasar yang baru.

  • Tidak perlu mengajukan pinjaman ke bank

Manfaat lain dari BLT bagi pelaku UMKM adalah tidak perlu lagi mencari pinjaman dari bank. Dengan mendapatkan BLT, pelaku UMKM justru bisa langsung fokus untuk mempertahankan atau bahkan mengembangkan usaha yang digelutinya.

Berbagai Macam Syarat Untuk Daftar UMKM Secara Online

Bagaimana? Apakah anda mulai tertarik untuk daftar UMKM secara online setelah mengetahui apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan?

Jika anda memang tertarik untuk daftar UMKM secara online, maka pastikan terlebih dahulu untuk mempersiapkan beberapa syarat berikut ini:

  • Pemilik UMKM wajib berstatus sebagai warga negara Indonesia.
  • Mereka yang memiliki UMKM tidak sedang dalam status aktif sebagai ASN, TNI/POLRI, dan juga bukan merupakan pegawai BUMN maupun BUMD.
  • Sudah memiliki usaha kelas mikro yang terbukti dari surat dari Dinas Koperasi dan UKM kota setempat.
  • Bukan penerima pinjaman bank berupa KUR.

Selain persyaratan tersebut, masih ada beberapa persyaratan dokumen lain yang juga anda perlukan untuk daftar UMKM secara online:

  • Fotokopi KTP dan juga KK pemilik usaha.
  • Sudah memiliki nomor induk berusaha.
  • Foto tempat usaha terbaru.
  • Sudah memiliki SPTJM atau Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak.
  • Beragam dokumen sebagai bukti pemilik usaha seperti SKU (Surat Keterangan Usaha), NIB (Nomor Izin Berusaha), dan juga IUMK (Izin Usaha Mikro dan Kecil).

Jika semua hal tersebut sudah anda persiapkan, maka anda bisa langsung daftar UMKM online menggunakan perangkat yang anda miliki.

Cara Membuat Nomor Izin Berusaha Secara Online

Bagi anda yang belum memiliki semua persyaratan untuk daftar UMKM online, maka anda terlebih dahulu harus memenuhi persyaratan tersebut.

Salah satu persyaratan yang wajib anda miliki untuk daftar UMKM online adalah NIB atau Nomor Izin Berusaha.

Bagi anda yang belum memiliki NIB, anda sebenarnya juga bisa mengurusnya secara online. Lalu bagaimanakah cara membuat NIB secara online? Pertama-tama, persiapkan terlebih dahulu beberapa hal berikut ini jika anda ingin membuat NIB secara online:

  • Persiapkan Nomor Induk Kependudukan anda.
  • Bagi UMKM yang sudah berbadan hukum, NIK harus pemilik UMKM tersebut.
  • Pelaku UMKM yang berbadan hukum harus sudah menyelesaikan proses pengesahan badan hukum usahanya dari Kementrian Hukum dan HAM.

Jika anda sudah mempersiapkan hal tersebut, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat NIB atau Nomor Izin Berusaha secara online:

  1. Buka browser yang ada di dalam perangkat anda.
  2. Akses halaman https://oss.go.id.
  3. Setelah berhasil mengakses halaman tersebut, klik tombol Daftar di pojok kanan atas layar.
  4. Kemudian, isi data lengkap sesuai dengan KTP anda.
  5. Jika sudah selesai mengisi semua data tersebut, tekan tombol Selesai.
  6. Selanjutnya, tekan tombol Aktivasi untuk mengaktifkan akun yang baru saja anda buat.
  7. Masuk ke dalam akun yang sudah anda buat sebelumnya, selanjutnya isikan data yang diminta di dalam halaman tersebut.
  8. Jika sudah, maka anda bisa mencoba masuk kembali ke dalam akun anda yang sudah aktif.
  9. Bila sudah berhasil masuk ke dalam akun anda, cari dan pilih menu Perizinan Mikro.
  10. Setelah itu, tekan tombol Pengajuan Baru.
  11. Kemudian, isikan semua data yang dibutukan.
  12. Bila sudah mengisi semua data yang dibutuhkan, tekan tombol Simpan Data.
  13. Terakhir, tekan tombol Proses NIB. Ikuti langkah-langkah sesuai dengan yang tertulis di dalam halaman tersebut.

Bila anda sudah melakukan semua langkah-langkah tersebut, maka untuk menerbitkan NIB, anda hanya perlu menekan tombol NIB saja di dalam akun anda.

Cara Membuat IUMK Untuk Modal Daftar UMKM Online

Jika NIB atau Nomor Izin Berusaha sudah berhasil anda dapatkan, maka anda masih membutuhkan IUMK untuk bisa daftar UMKM online. Lalu bagaimanakah caranya mendapatkan IUMK atau Izin Usaha Mikro dan Kecil tersebut?

Untungnya, IUMK itu juga cukup mudah untuk anda buat. Bahkan anda juga bisa membuat IUMK ini secara online sama seperti NIB. Berikut ini adalah panduan untuk membuat IUMK secara online:

  1. Jalankan aplikasi browser di dalam perangkat anda.
  2. Kemudian buka halaman https://oss.go.id.
  3. Bagi anda yang sudah membuat NIB, maka anda hanya perlu login ke dalam akun yang sudah anda buat sebelumnya.
  4. Setelah itu, cari dan pilih menu Perizinan Berusaha.
  5. Kemudian klik pada pilihan Pembuatan Izin Perseorangan.
  6. Isi semua data di dalam halaman tersebut sesuai dengan KTP anda.
  7. Jika sudah mengisi semua data tersebut, klik tombol Simpan.
  8. Bila sudah anda simpan, tekan tombol Selanjutnya.
  9. Untuk bagian formulir Komitmen Prasaran Usaha, anda bisa mengajukannya juga jika memang anda butuhkan.

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, anda sudah bisa melihat langsung IUMK anda dalam bentuk digital. Anda juga bisa mencetak IUMK tersebut dengan menggunakan fitur QR code yang ada di dalam website resminya.

Cara Membuat SKU Untuk Daftar UMKM Online

Syarat selanjutnya yang harus anda penuhi jika ingin daftar UMKM online adalah sudah memiliki SKU atau Surat Keterangan Usaha.

Sama halnya seperti IUMK dan juga NIB, anda juga bisa membuat SKU dengan mudah. Namun sebelum melangkah lebih jauh, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan untuk membuat SKU.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda persiapkan untuk membuat SKU:

  • Surat pengantar dari RT dan RW.
  • Kartu Tanpa Penduduk yang masih berlaku dalam bentuk asli dan fotokopi.
  • Kartu keluarga dalam bentuk fotokopi.
  • Dan juga surat pernyataan ataupun surat permohonan.

Jika semua persyaratan tersebut sudah anda persiapkan, maka anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat SKU:

  1. Datang ke kantor kelurahan di tempat usaha anda berada.
  2. Kemudian, isi formulir pengajuan Surat Keterangan Usaha.
  3. Serahkan formulir pengajuan SKU beserta dengan semua persyaratan yang sudah anda persiapkan.
  4. Setelah mendapatkan tanda tangan dari kelurahan, selanjutnya anda perlu datang ke kantor Kecamatan.
  5. Anda juga perlu meminta tanda tangan langsung dari Camat untuk mengesahkan SKU yang anda miliki.

Jika sudah mendapatkan tanda tangan dari RT, RW, Lurah, dan juga Camat, maka SKU anda sudah sah secar hukum.

Catatan:

Perlu anda ketahui, SKU tidak berlaku selamanya. SKU memiliki masa berlaku 1 tahun semenjak surat tersebut diterbitkan. Oleh sebab itu, jika anda membutuhkan, maka SKU harus anda perpanjang tiap tahunnya.

Panduan Lengkap Daftar UMKM Online

Jika anda sudah mempersiapkan IUMK, NIB, dan juga SKU, maka anda sudah bisa daftar UMKM online melalui website resminya.

Lalu bagaimana caranya mendaftarkan UMKM yang anda jalankan secara online? Ikuti panduan berikut ini untuk daftar UMKM online:

  1. Buka kembali browser yang ada di dalam perangkat anda.
  2. Gunakan browser untuk mengakses halaman https://oss.go.id.
  3. Pilih menu Login yang ada di kanan atas layar.
  4. Setelah itu, masukkan Username dan Password yang anda buat sebelumnya.
  5. Jika anda sudah berhasil masuk ke dalam akun yang anda miliki, cari dan pilih menu Perizinan Berusaha.
  6. Kemudian, pilih menu Perseorangan.
  7. Setelah itu, isi semua formulir yang dibutuhkan.
  8. Terakhir, unggah scan SKU, IUMK, dan juga NIB yang sudah anda buat.
  9. Jika semua dokumen tersebut sudah berhasil anda unggah, tekan tombol Simpan dan Lanjutkan.
  10. Terakhir, centang Kotak Disclaimer dan tekan tombol Proses Pendaftaran UMKM.

Jika sudah melakukan semua hal tersebut, maka anda hanya perlu menunggu hingga proses daftar UMKM online terverifikasi oleh pemerintah.

Ketika ijin UMKM anda sudah terverifikasi, biasanya anda akan mendapatkan notifikasi melalui email ataupun di dalam akun yang sudah anda buat sebelumnya.

Oleh sebab itu, setelah daftar UMKM online ini, ada baiknya rutin untuk login ke halaman https://oss.go.id untuk cek apakah permohonan anda sudah terverifikasi.

Jika UMKM anda sudah terverifikasi, maka anda bisa unduh file buktinya dan menyimpannya di dalam HP ataupun anda cetak.

File tersebut sudah bisa anda gunakan untuk mengajukan permohonan pinjaman dana ke bank. Selain itu, anda pemilik UMKM yang sudah terdaftar juga akan mendapatkan bantuan secara berkala dari pemerintah pasca pandemi COVID 19.

Tidak sulit bukan cara daftar UMKM online itu? Selama semua syaratnya sudah lengkap, maka proses pendaftarannya tidak akan sulit. Lalu kapan anda akan daftar UMKM anda secara online?