Cara Mengganti Background Zoom dari PC Maupun HP

Home » Teknologi » Cara Mengganti Background Zoom dari PC Maupun HP

Zoom adalah salah satu aplikasi yang popularitasnya meningkat semenjak pandemi COVID 19. Banyak orang menggunakan aplikasi tersebut untuk meeting online. Namun sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara mengganti background Zoom.

Padahal mengubah background pada aplikasi Zoom itu sangatlah penting, terutama jika anda cukup sering melakukan meeting online. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak pengguna aplikasi Zoom mencari cara mengganti background Zoom.

Apakah anda juga salah satu yang mencari bagaimana caranya untuk mengganti background Zoom? Jika anda sedang mencari hal tersebut, anda bisa pelajari caranya di dalam artikel ini.

Cara Mengganti Background Zoom

Apa Itu Aplikasi Zoom?

Meskipun popularitasnya sudah sangat meningkat pesat selama pandemi COVID 19, namun sayangnya masih cukup banyak yang belum mengetahui tentang aplikasi Zoom.

Sebenarnya apakah aplikasi Zoom itu? Aplikasi Zoom adalah aplikasi cloud meeting. Secara mudahnya, aplikasi ini bisa anda gunakan untuk bertemu secara virtual dengan sekumpulan orang.

Oleh sebab itu, aplikasi Zoom ini paling sering digunakan untuk meeting online ketika pandemi COVID 19 merajalela.

Dengan menggunakan aplikasi Zoom ini, banyak perusahaan bisa mencegah penularan virus COVID 19 di dalam lingkungan perusahaan.

Apa Saja Kelebihan Aplikasi Zoom?

Aplikasi cloud meeting memang bukan hanya Zoom saja. Namun kenapa hanya Zoom yang mengalami peningkatan jumlah pengguna selama pandemi COVID 19?

Ternyata, hal tersebut karena aplikasi Zoom memang punya lebih banyak kelebihan daripada aplikasi cloud meeting lainnya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari aplikasi Zoom:

  • Jumlah partisipan yang sangat banyak

Kelebihan pertama dari aplikasi Zoom ini adalah jumlah partisipannya sangat banyak. Untuk satu meeting online, anda bisa mengikutsertakan sekitar 1.000 orang lebih.

Karena bisa menampung banyak orang dalam satu meeting online, maka tidak heran jika aplikasi ini lebih disukai oleh banyak orang, terutama perusahaan besar.

  • Memiliki video dan audio yang jauh lebih baik

Hal lain yang juga membuat aplikasi Zoom lebih banyak pengguna daripada aplikasi cloud meeting lain adalah karena memiliki video dan audio yang jauh lebih berkualitas.

Fitur video dan audio ini begitu penting, karena jika kualitasnya kurang, tentu kegiatan meeting online akan sia-sia saja.

  • Sudah mendukung presentasi

Selain karena kualitas video, audio, dan juga jumlah partisipannya yang banyak, aplikasi Zoom ini juga sudah bisa anda gunakan untuk melakukan presentasi.

Selain bisa menampilkan slide yang sudah anda buat menggunakan aplikasi khusus, anda juga bisa membuat coretan yang bisa anda tampilkan ke semua orang yang menjadi partisipan di dalam meeting online tersebut.

  • Memiliki fitur yang super lengkap

Kelebihan lain yang membuat aplikasi Zoom banyak peminatnya adalah karena fitur yang ada di dalamnya.

Selain terdapat fitur untuk merekam meeting online, anda juga bisa menggunakan berbagai macam fitur unggulan lain seperti fitur untuk mencerahkan kulit dan juga fitur untuk mengubah background Zoom.

  • Bisa membuat room dengan password

Hal selanjutnya yang juga menjadi alasan kenapa banyak orang memilih menggunakan Zoom untuk meeting online adalah karena aplikasi ini bisa membuat room dengan password.

Jadi tidak semua orang bisa masuk ke dalam meeting yang anda lakukan di dalam aplikasi ini. Hanya mereka yang memiliki link dan password meeting room anda saja yang bisa mengikuti meeting online tersebut.

Namun meskipun punya banyak kelebihan, aplikasi Zoom ini masih memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan yang paling sering dikeluhkan oleh pengguna adalah soal beratnya aplikasi Zoom ini.

Karena cukup berat, maka mau tidak mau anda harus menggunakan HP maupun PC dengan spesifikasi yang cukup lumayan untuk bisa menggunakan aplikasi Zoom ini dengan lancar.

Dan selain aplikasinya berat, Zoom juga terkenal sebagai aplikasi cloud meeting yang paling boros penggunaan kuota internet. Namun demikian, perihal borosnya penggunaan internet ini karena kualitas audio dan videonya yang memang lebih baik dari aplikasi lainnya.

Kenapa Anda Harus Sering Mengubah Background Zoom?

Bagi anda yang baru saja mencoba menggunakan aplikasi Zoom, mungkin anda masih belum paham mengenai kenapa anda harus sering mengubah background Zoom.

Sekilas memang mengubah background Zoom itu terlihat tidak begitu penting. Namun sebenarnya, ada banyak alasan kenapa anda harus melakukan hal tersebut. Berikut ini adalah beberapa alasannya:

  • Untuk menjaga privasi anda

Jika anda cukup sering melakukan meeting online menggunakan aplikasi Zoom, sudah pasti kondisi tempat tinggal anda akan terus menerus terekspos ke semua orang yang mengikuti meeting tersebut.

Bagi anda yang sangat mementingkan privasi, tentunya hal tersebut akan sangat mengganggu anda bukan? Oleh sebab itu, jika anda ingin menjaga privasi tempat tinggal anda, maka anda bisa gunakan background di aplikasi Zoom.

  • Untuk membuat anda tampil lebih mencolok

Alasan kedua kenapa banyak orang ingin mengubah background Zoom secara berkala adalah agar mereka bisa tampil lebih mencolok diantara orang-orang yang mengikuti meeting online.

Dengan terus menggunakan background baru setiap kali meeting, pastinya akan banyak orang yang melihat anda, terutama jika background yang anda gunakan cukup mencolok.

  • Untuk mengikuti aturan dari perusahaan

Selain karena alasan anda sendiri, terkadang mengubah background Zoom juga dilakukan untuk mengikuti aturan dari perusahaan.

Sebagai contohnya, ada beberapa perusahaan yang menyarankan karyawan untuk menggunakan background dengan warna-warna tertentu sesuai dengan bagian pekerjaannya di dalam perusahaan.

Dengan begitu, maka ketika melakukan meeting online, pimpinan bisa dengan mudah membedakan mana saja divisi yang hadir dalam meeting online tersebut dan tidak datang.

  • Untuk mengganti suasana meeting online

Alasan berikutnya kenapa banyak orang ingin mengganti background di dalam aplikasi Zoom adalah untuk menghilangkan kebosanan meeting online.

Dengan mengganti background, maka secara tidak langsung mereka bisa mengganti suasana meeting online.

Cara Mengganti Background Zoom di PC atau Laptop

Setelah mengetahui secara detail mengenai apa itu aplikasi Zoom dan kenapa anda harus mengganti background Zoom, sekarang anda bisa langsung mempelajari bagaimana cara mengganti background Zoom di perangkat PC maupun laptop.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengganti background di dalam aplikasi Zoom tersebut:

  1. Pastikan PC maupun laptop anda sudah terdapat aplikasi Zoom. Jika anda belum memasang aplikasi Zoom di PC maupun laptop, maka anda bisa unduh dari halaman ini https://zoom.us/download,
  2. Jika sudah terpasang, jalankan aplikasi tersebut dan masuk ke dalam akun yang anda miliki.
  3. Bila anda sudah berhasil masuk ke dalam akun anda, selanjutnya pilih menu Pengaturan. Menu tersebut digambarkan dengan icon berbentuk Gear.
  4. Setelah itu, cari dan pilih menu Background & Filter.
  5. Kemudian pilih Virtual Background.
  6. Selanjutnya anda hanya perlu memilih background sesuai dengan yang anda inginkan. Jika anda ingin menggunakan foto ataupun background yang anda miliki, anda bisa tekan tombol + dan pilih filenya dari memori internal PC maupun laptop anda.

Setelah melakukan semua langkah-langkah tersebut, biasanya background anda akan langsung berubah. Namun jika belum berubah, kemungkinan koneksi internet anda yang sedang tidak stabil.

Cara Mengganti Background Zoom dari HP

Mengganti background Zoom dari PC atau laptop memang paling mudah. Hal tersebut karena desain antarmuka aplikasi Zoom di PC atau laptop itu memang lebih mudah untuk anda pahami.

Namun demikian, bukan berarti anda tidak bisa mengganti background Zoom dari HP. Meskipun tidak semudah mengganti background Zoom di PC ataupun laptop, namun hal tersebut masih bisa anda lakukan.

Ikuti panduan berikut ini jika anda ingin mengganti background Zoom dari HP:

  1. Pertama-tama, pastikan terlebih dahulu aplikasi Zoom sudah terpasang di dalam HP anda. Jika belum terpasang, anda bisa unduh dari Playstore ataupun App Store.
  2. Khusus untuk HP Android, aplikasi Zoom hanya bisa berjalan jika anda sudah menggunakan OS Android versi 8 keatas.
  3. Jika aplikasi Zoom sudah terpasang di dalam HP anda, selanjutnya jalankan aplikasi tersebut.
  4. Kemudian, masuk ke dalam akun Zoom yang sudah anda miliki.
  5. Bila sudah masuk ke dalam akun anda, selanjutnya tekan tombol More atau 3 titik vertikal yang ada di pojok kanan bawah.
  6. Setelah itu, cari menu Virtual Background.
  7. Kemudian, pilih background yang sesuai dengan keinginan anda. Namun jika anda tidak menemukan yang sesuai dengan keinginan, anda bisa menggunakan background anda sendiri dengan menekan tombol +.

Sama halnya seperti ketika mengganti background Zoom di laptop ataupun PC, setelah anda mengganti desain background, maka secara otomatis background asli di belakang anda akan berubah sesuai dengan yang anda pilih.

Namun demikian, terkadang prosesnya sedikit lebih lama karena adanya delay koneksi internet. Oleh sebab itu, tidak perlu panik jika setelah anda pilih background, video anda masih belum berubah.

Cara Mengatasi Background Zoom Terbalik Setelah Anda Ganti

Setelah paham bagaimana cara mengganti background Zoom, sekarang anda juga perlu mengetahui jika ada beberapa masalah yang cukup sering dialami pengguna setelah mengganti background Zoom.

Salah satu masalah tersebut adalah background menjadi terbalik setelah diganti. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Apakah anda harus mengganti background Zoom ke pengaturan semula?

Untungnya, anda tidak harus mengubah background ke pengaturan semula. Jika anda mengalami background terbalik setelah menggantinya di aplikasi Zoom, anda bisa mengatasinya menggunakan cara berikut ini:

  1. Pertama-tama, jalankan aplikasi Zoom baik di PC, laptop, maupun HP anda.
  2. Kemudian, login terlebih dahulu ke dalam akun Zoom anda.
  3. Setelah itu, Join terlebih dahulu ke salah satu meeting online.
  4. Jika sudah Join dengan meeting online, selanjutnya tekan Anak Panah yang tepat berada di samping simbol video.
  5. Kemudian, tekan tombol Pengaturan Video.
  6. Terakhir, tekan menu Mirror My Video.

Dengan melakukan hal tersebut, maka background dan video anda yang awalnya terbalik akan kembali ke posisi semula.

Hal ini sebenarnya merupakan bug dari aplikasi Zoom. Jadi kemungkinan besar di beberapa versi mendatang sudah tidak akan muncul lagi karena sudah mendapatkan pembaruan.

Cara Mengatasi Background Zoom yang Menyatu Dengan Wajah

Selain background Zoom yang terbalik, masih ada masalah lain yang juga sering dialami setelah mengganti background Zoom. Masalah kedua tersebut adalah background yang anda pilih ternyata menyatu ke wajah.

Lalu bagaimanakah cara mengatasi background Zoom yang menyatu dengan wajah setelah anda ganti? Jika background Zoom yang anda pilih ternyata menyatu dengan wajah, maka anda bisa atasi menggunakan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Zoom di PC, laptop, ataupun HP anda.
  2. Kemudian, masuk ke dalam akun Zoom anda.
  3. Setelah itu, Join ke meeting online.
  4. Bila anda sudah bergabung ke meeting online, pilih ulang background Zoom. Pastikan untuk memilih background yang polos.
  5. Setelah itu, tekan tombol Pick Colour.
  6. Selanjutnya, hilangkan ceklist pada I Have Green Screen yang ada tepat di bawah menu Pick Colour.

Setelah menonaktifkan fitur Green Screen otomatis tersebut dan memilih mengganti background Zoom dengan yang berwarna polos, maka seharusnya sekarang masalah background yang menyatu dengan wajah sudah hilang.

Kenapa Anda Tidak Bisa Mengganti Background Zoom?

Di dalam artikel ini memang sudah dijelaskan secara lengkap mengenai bagaimana cara mengganti background Zoom dan bahkan mengatasi berbagai macam masalah setelah mengganti background di Zoom.

Namun memang, tidak semua bisa mengganti background di aplikasi Zoom ini. Jadi jangan terkejut jika saat anda mengikuti langkah-langkah yang dijabarkan di dalam artikel ini, lalu anda tidak bisa menemukan menu-menu yang sama di perangkat yang anda miliki.

Hal tersebut bisa terjadi karena memang tidak semua perangkat mendukung untuk menggunakan fitur penggantian background virtual di aplikasi Zoom.

Ada beberapa persyaratan agar sebuah perangkat bisa untuk anda gunakan mengakses fitur mengganti background Zoom tersebut. Berikut ini adalah beberapa syaratnya:

  • Versi aplikasi Zoom yang terpasang di dalam perangkat anda minimal adalah versi 5.3.
  • Untuk HP Android, minimal sistem operasi yang digunakan adalah versi 8.
  • HP harus sudah menggunakan chipset ARM 64 dengan minimal memiliki 8 core.
  • HP juga harus sudah memiliki RAM sebesar 3 GB atau lebih.
  • Sudah menggunakan minimal GPU tipe Adreno 540 atau tipe GPU Mali seri G atau lebih tinggi.
  • Jenis CPU yang digunakan di dalam HP harus lebih tinggi dari Exynos 9810, Dimensity 1000, dan juga Kirin 980.
  • Jika anda menggunakan HP Android, merek yang mendukung penggunaan virtual background di aplikasi Zoom hanyalah OnePlus, Xiaomi, Google, Oppo, Redmi, Vivo, Samsung, dan juga Huawei.

Jika perangkat yang anda miliki tidak sesuai dengan persyaratan tersebut, maka jangan harap anda bisa mengubah background Zoom dengan menggunakan fitur virtual background.

Solusi Bagi Anda yang Tidak Bisa Mengubah Background Zoom

Lalu bagaimana jika perangkat yang anda miliki ternyata tidak bisa mengubah background Zoom? Apakah tidak ada cara lain untuk bisa mengubah background pada aplikasi Zoom?

Bagi anda yang memang terhalang keterbatasan spesifikasi perangkat, anda masih bisa mengubah background Zoom secara manual.

Anda bisa menggunakan kain ataupun dinding yang cerah sebagai background di dalam aplikasi Zoom anda.

Meskipun tidak bisa sering mengubah background Zoom, setidaknya anda masih bisa menjaga privasi tempat tinggal anda dengan menggunakan cara manual tersebut.

Bagaimana menurut anda? Apakah cara mengganti background Zoom yang sudah dijelaskan di dalam artikel ini cukup sulit untuk anda ikuti?

Kalau anda sendiri, anda lebih terbiasa menggunakan aplikasi Zoom di perangkat HP ataupun PC?