Cara Share Lokasi (Serlok) di WA dari Android dan IOS

Home » Teknologi » Cara Share Lokasi (Serlok) di WA dari Android dan IOS

Di dalam Whatsapp, ada cukup banyak fitur yang luar biasa membantu pengguna. Salah satu fitur tersebut adalah fitur untuk berbagi lokasi. Jika anda sudah mengetahui cara share lokasi (Serlok) di WA, menemukan ataupun berbagi lokasi dengan teman jadi lebih mudah.

Namun sayangnya, meskipun sudah banyak penggunanya, belum banyak orang yang mengetahui bagaimana cara share lokasi (Serlok) di WA.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah paham bagaimana cara share lokasi (Serlok) di WA? Jika anda juga belum paham, maka anda bisa mempelajari caranya secara lengkap di dalam artikel ini.

Cara Share Lokasi (Serlok) di WA

Beragam Manfaat Fitur Share Lokasi di WA

Sebenarnya kenapa banyak orang menggunakan fitur share lokasi (serlok) di aplikasi WA? Hal tersebut karena fitur share lokasi (serlok) di WA tersebut memang banyak manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari fitur share lokasi di WA tersebut:

  • Lebih mudah membagikan lokasi tempat tinggal anda

Manfaat pertama dari adanya fitur share lokasi (serlok) di WA adalah anda bisa dengan mudah membagikan lokasi tempat tinggal anda.

Sebelum ada fitur share lokasi (serlok) di aplikasi WA, maka mau tidak mau anda harus memberikan penjelasan panjang lebar mengenai rute jalan untuk menuju ke rumah anda.

Namun saat ini, jika seseorang bertanya mengenai dimana anda tinggal, maka anda hanya perlu menjawab pertanyaan tersebut dengan membagikan lokasi anda melalui aplikasi Whatsapp.

  • Bisa membagikan posisi terkini secara real time

Manfaat lain yang juga bisa anda dapatkan dari adanya fitur share lokasi (serlok) di WA ini adalah anda bisa membagikan posisi terkini anda secara real time.

Fitur satu ini paling sering digunakan untuk mereka yang ingin membuktikan bahwa sedang dalam perjalanan menuju ke suatu tempat.

Syarat Untuk Bisa Share Lokasi di Aplikasi Whatsapp

Setelah mengetahui apa saja manfaatnya, tentunya sudah banyak dari anda yang ingin mengetahui bagaimana cara share lokasi (Serlok) di WA bukan?

Sebelum mempelajari bagaimana caranya untuk share lokasi di WA, pertama-tama anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai apa saja syarat untuk bisa melakukan hal tersebut.

Perlu anda ketahui, memasang aplikasi Whatsapp di smartphone anda bukan satu-satunya syarat untuk bisa berbagi lokasi. Jika anda ingin bisa berbagi lokasi melalui Whatsapp, maka anda harus memenuhi beberapa syarat berikut ini:

  • Sudah menggunakan aplikasi Whatsapp versi terbaru

Untuk bisa share lokasi (serlok) di WA, syarat pertama yang harus anda penuhi adalah sudah memasang aplikasi Whatsapp versi terbaru.

Jika anda masih menggunakan aplikasi versi lama, biasanya anda akan langsung diminta untuk memperbarui versi Whatsapp anda terlebih dahulu.

Kenapa anda perlu menggunakan Whatsapp versi terbaru? Hal tersebut karena fitur share lokasi (serlok) di WA ini membutuhkan fitur keamanan terbaru dari Whatsapp.

Oleh sebab itu, tidak heran jika syarat pertama untuk bisa menggunakan fitur tersebut adalah sudah menggunakan aplikasi Whatsapp versi paling baru.

  • Sudah terkoneksi dengan jaringan internet

Syarat kedua untuk bisa membagikan lokasi anda melalui aplikasi Whatsapp adalah sudah terkoneksi dengan jaringan internet.

Jika smartphone anda tidak terkoneksi dengan internet, bahkan andapun tidak akan bisa terhubung dengan server Whatsapp. Oleh sebab itu, tidak mungkin anda bisa melakukan share lokasi.

  • Sudah memberikan ijin untuk mengakses GPS

Hal lain yang juga menjadi syarat untuk bisa share lokasi (serlok) di WA adalah sudah memberikan ijin pada aplikasi WA tersebut untuk mengakses GPS di smartphone anda.

Jika anda tidak memberikan ijin pada aplikasi WA untuk mengakes GPS, maka aplikasi tidak akan bisa membagikan lokasi. Hal tersebut karena fitur share lokasi di aplikasi Whatsapp membutuhkan fungsi GPS di smartphone anda.

Jika semua syarat tersebut sudah anda penuhi, maka anda sudah bisa membagikan lokasi anda saat ini melalui aplikasi Whatsapp.

Cara Share Lokasi Terkini di WA Melalui OS Android dan IOS

Setelah semua syarat sudah anda penuhi, maka anda bisa mulai mencoba share lokasi di WA. Lalu bagaimana cara share lokasi (Serlok) di WA? Berikut ini adalah langkah-langkah untuk berbagi lokasi terkini melalui aplikasi Whatsapp:

  1. Pertama-tama, buka aplikasi Whatsapp yang terpasang di dalam smartphone anda.
  2. Setelah itu, pilih Kontak yang ingin anda bagikan lokasi.
  3. Jika sudah memilih Kontak, selanjutnya tekan icon bergambar Paperclip pada kolom chat.
  4. Kemudian, pilih Location atau Lokasi.
  5. Untuk anda yang ingin membagikan lokasi terkini, maka pilih Send Your Current Location atau Kirim Lokasi Terkini.
  6. Setelah itu, tunggu aplikasi Whatsapp mengirimkan lokasi anda dalam bentuk map kepada kontak yang anda pilih.

Jika anda sudah mengirimkan lokasi tersebut, maka penerima akan langsung dibawa ke aplikasi Google Maps jika menekan lokasi yang anda kirimkan melalui Whatsapp.

Cara Share Lokasi Secara Real Time di WA

Selain bisa anda gunakan untuk mengirimkan lokasi terkini, anda juga sudah bisa share lokasi (serlok) di WA secara real time. Bagaimana cara share lokasi (Serlok) di WA secara real time tersebut?

Berikut ini adalah panduan untuk berbagi lokasi real time dari aplikasi Whatsapp:

  1. Akses aplikasi Whatsapp yang sudah terpasang di dalam smartphone.
  2. Kemudian, cari Kontak yang ingin anda bagikan lokasi secara real time.
  3. Jika sudah menemukan kontak yang ingin anda kirimkan lokasi secara real time, tekan tombol Paperclip di kolom chat.
  4. Setelah itu, pilih Lokasi atau Location.
  5. Kemudian, pilih Send Live Location atau Kirim Lokasi Live.

Jika pesan yang membagikan lokasi anda tersebut sudah terkirim, maka penerima bisa cek langsung keberadaan anda melalui aplikasi Google Maps.

Apa Perbedaan Share Lokasi Terkini dan Real Time di WA?

Setelah membahas mengenai bagaimana cara share lokasi (Serlok) di WA, anda sudah mengetahui bahwa ada 2 cara membagikan lokasi melalui aplikasi Whatsapp. Anda bisa membagikan menggunakan pilihan Lokasi Terkini dan Real Time.

Lalu apakah perbedaan antara share lokasi terkini dan real time tersebut? Perbedaan dari 2 jenis share lokasi di aplikasi Whatsapp tersebut terletak pada aktif tidaknya fitur tracking di dalam Whatsapp.

Jika anda memilih share lokasi terkini, maka fitur tracking tidak akan aktif. Share lokasi terkini hanya akan membagikan lokasi saat anda mengaktifkan fitur itu saja.

Namun berbeda jika anda memilih menu share lokasi secara real time, fitur tracking pada aplikasi Whatsapp akan aktif. Ketika fitur tersebut aktif, maka aplikasi Whatsapp akan terus membagikan lokasi anda secara real time kepada penerima.

Jadi secara mudahnya, share lokasi secara real time ini akan terus menerus membagikan lokasi anda. Fitur ini sama persis dengan fitur tracking pada aplikasi ojek online.

Bagaimana Cara Berhenti Membagikan Lokasi Real Time di Whatsapp?

Setelah paham mengenai apa perbedaan dari 2 fitur share lokasi di WA, lalu bagaimanakah cara menghentikan proses pembagian lokasi secara real time di Whatsapp?

Jika anda memilih share lokasi (serlok) real time di WA, maka mau tidak mau memang anda harus menghentikan hal tersebut secara manual. Jika tidak anda hentikan, maka aplikasi Whatsapp akan terus menerus mengirimkan lokasi anda saat ini kepada penerima.

Lalu bagaimana cara menghentikan pembagian lokasi real time tersebut? Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk berhenti membagikan lokasi real time di aplikasi Whatsapp:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Whatsapp di smartphone anda.
  2. Kemudian, tekan tombol Opsi Lain yang berbentuk 3 titik vertikal di pojok kanan atas.
  3. Setelah itu, masuk pada Pengaturan atau Setting.
  4. Selanjutnya, pilih Akun.
  5. Berikutnya pilih Privasi.
  6. Di dalam menu Privasi, cari Lokasi Terkini.
  7. Masuk ke dalam menu Lokasi Terkini dan pilih Berhenti Berbagi.

Jika anda sudah mengikuti langkah-langkah tersebut, maka anda bisa mencoba berjalan beberapa ratus meter dari lokasi anda terkini.

Setelah itu, cek apakah fitur share lokasi real time di Whatsapp anda masih mengirimkan data. Jika anda mengikuti langkah-langkah sebelumnya, kemungkinan besar aplikasi Whatsapp sudah tidak mengirimkan lokasi anda lagi.

Cara Share Lokasi di WA Melalui Google Maps

Selain bisa anda lakukan langsung melalui aplikasi Whatsapp, sebenarnya anda juga bisa share lokasi di WA dengan menggunakan bantuan aplikasi Google Maps.

Lalu bagaimanakah cara share lokasi (Serlok) di WA dengan bantuan aplikasi Google Maps tersebut? Ikuti langkah-langkah berikut ini jika anda ingin mencobanya:

  1. Buka aplikasi Google Maps yang ada di dalam smartphone anda.
  2. Kemudian, tekan Menu yang berbentuk 3 garis vertikal di pojok kiri atas.
  3. Selanjutnya, pilih menu Berbagi Lokasi.
  4. Setelah memilih menu Berbagi Lokasi, maka anda akan diberikan pilihan untuk berbagi melalui aplikasi apa.
  5. Cari dan pilih aplikasi Whatsapp.
  6. Jika anda sudah memilih aplikasi Whatsapp, maka selanjutnya anda akan diminta memilih kontak yang ingin anda bagikan lokasi.
  7. Kemudian, anda hanya perlu menekan tombol Send atau Kirim saja dari dalam aplikasi Whatsapp anda.

Sama halnya seperti di aplikasi Whatsapp, anda juga bisa mengirimkan lokasi terkini dan juga secara real time dengan bantuan Google Maps ini.

Cara Share Lokasi Berupa Koordinat Melalui Aplikasi Whatsapp

Google Maps tidak hanya bisa membantu mengirimkan lokasi terkini anda melalui aplikasi Whatsapp. Selain itu, Google Maps juga bisa membantu mengirimkan lokasi berupa koordinat melalui Whatsapp.

Jika anda bandingkan dengan fitur share lokasi (serlok) di WA sebelumnya, memang mengirimkan lokasi menggunakan koordinat ini jauh lebih akurat.

Hal tersebut karena fitur share lokasi di WA memang memiliki toleransi ketepatan yang cukup tinggi yaitu sekitar 10 meter. Jadi jika anda anda berbagi lokasi melalui fitur WA, kemungkinan lokasi yang dibagikan melenceng sebanyak sekitar 10 meter.

Oleh sebab itu, jika anda memang membutuhkan fitur share lokasi di WA yang sangat akurat, lebih baik kirim lokasi menggunakan koordinat.

Lalu bagaimana cara share lokasi (Serlok) di WA berupa koordinat? Berikut ini adalah caranya:

  1. Jalankan terlebih dahulu aplikasi Google Maps di dalam smartphone anda.
  2. Kemudian, cari lokasi yang ingin anda bagikan secara manual.
  3. Setelah mencari lokasi secara manual, anda bisa memilih menu Bagikan melalui Ponsel.
  4. Selanjutnya, pilih aplikasi Whatsapp untuk membagikan koordinat lokasi tersebut.

Saat sudah berhasil anda bagikan melalui Whatsapp, maka penerimanya akan langsung dibawa masuk ke aplikasi Google Maps jika ingin melihat lokasi yang anda kirimkan.

Beragam Keunggulan Share Lokasi Melalui Aplikasi Whatsapp

Setelah paham mengenai berbagai macam cara share lokasi (Serlok) di WA, lalu apakah sebenarnya keunggulan mengirimkan lokasi melalui aplikasi tersebut? Bukankah masih ada banyak aplikasi yang bisa anda gunakan untuk berbagi lokasi terkini?

Whatsapp memang bukanlah satu-satunya aplikasi yang bisa anda gunakan untuk berbagi lokasi. Namun demikian, Whatsapp memiliki lebih banyak keunggulan jika anda bandingkan dengan aplikasi lainnya.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan aplikasi Whatsapp dalam hal berbagi lokasi:

  • Sudah tersedia 2 macam jenis fitur share lokasi

Keunggulan pertama dari aplikasi Whatsapp dalam hal membagikan lokasi adalah sudah tersedia 2 macam jenis share lokasi yaitu lokasi terkini saja ataupun real time.

Dengan ada 2 jenis fitur share lokasi tersebut, maka semua kebutuhan anda untuk berbagi lokasi kepada orang lain sebenarnya sudah terpenuhi.

  • Sudah terintegrasi dengan Google Maps

Whatsapp memang tidak berdiri sendiri dalam menjalankan fitur share lokasinya. Untuk bisa menjalankan fitur tersebut, aplikasi Whatsapp sudah terintegrasi langsung dengan Google Maps.

Dengan sudah terintegrasi dengan Google Maps, maka anda sudah tidak perlu repot-repot mencari aplikasi maps lagi.

  • Bisa share secara personal maupun grup

Ketika anda membagikan lokasi di Whatsapp, anda juga tidak hanya bisa melakukannya secara personal. Anda juga bisa membagikan lokasi tersebut di dalam grup chat.

Dengan bisa membagikan lokasi anda ke grup chat juga, maka anda sudah tidak perlu menjawab berulang kali ke semua anggota grup yang bertanya dimanakah posisi anda saat ini.

  • Memiliki fitur share lokasi real time paling ringan

Keunggulan lainnya dari menggunakan aplikasi Whatsapp untuk berbagi lokasi adalah ringan.

Jika anda bandingkan, fitur berbagi lokasi secara real time dari aplikasi Whatsapp ini paling ringan. Jadi jika anda masih menggunakan smartphone tipe lama, anda tidak perlu khawatir tidak mampu berbagi lokasi terkini.

  • Sangat aman

Keunggulan berikutnya dari share lokasi (serlok) di WA adalah masalah keamanan. Aplikasi Whatsapp sangat serius dalam meningkatkan keamanan di dalam aplikasi.

Oleh sebab itu, apa yang anda bagikan di dalam aplikasi Whatsapp ini akan sangat sulit untuk dicuri oleh oknum tidak bertangung jawab.

  • Praktis karena satu aplikasi sudah lengkap

Hal selanjutnya yang juga menjadi salah satu keunggulan dari fitur share lokasi di WA adalah karena aplikasi ini sangat praktis.

Di dalam aplikasi Whatsapp, anda sudah bisa mendapatkan banyak fitur menarik selain fitur berbagi lokasi.

Oleh sebab itu, dengan memasang satu aplikasi ini saja, sebenarnya anda sudah bisa mendapatkan banyak fungsi penting.

  • Hemat kuota internet

Hal terakhir yang membuat banyak orang lebih suka share lokasi di WA daripada melalui aplikasi lain adalah karena hemat kuota.

Jika anda bandingkan, fitur share lokasi real time di WA itu jauh lebih hemat kuota. Oleh sebab itu, jika anda ingin menggunakan fitur tersebut, anda tidak perlu takut kehabisan kuota internet.

Jadi bagaimana? Sudah cukup paham bukan mengenai bagaimana cara share lokasi (Serlok) di WA? Kalau anda sendiri, anda lebih memilih membagikan lokasi anda melalui aplikasi apa?